Rp 180 Triliun untuk Gaji dan Remunerasi 2011

remunerasi 2011Jakarta – Proporsi anggaran belanja pemerintah masih lebih berat dialokasikan untuk belanja pegawai. Sedangkan, anggaran untuk mengatasi masalah infrastruktur dan meningkatkan daya saing bangsa masih terbilang kecil.

Dari dokumen APBN 2011 yang diperoleh VIVAnews tercatat jatah alokasi belanja pegawai dialokasikan sebesar Rp180,624 triliun. Alokasi anggaran sebesar ini antara lain menampung untuk pencadangan remunerasi, kenaikan gaji pokok, gaji ke 13, antisipasi pegawai baru dan menampung unfunded liabilities sebesar Rp500 miliar.

Tak hanya itu, jumlah belanja barang pemerintah pada tahun 2011 juga memiliki jatah terbesar urutan kedua, yakni sebesar Rp132,422 triliun. Padahal belanja barang ini antara lain digunakan hanya untuk kegiatan prioritas seperti menjaga kelancaran penyelenggaraan kegiatan operasional pemerintahan, pelayanan kepada masyarakat, dan pemeliharaan aset. Melalui alokasi belanja barang ini, pemerintah mengupayakan efisiensi kegiatan operasional.

Sementara alokasi belanja modal yang dibutuhkan untuk memperbaiki kondisi fisik negeri ini jatah alokasi dananya hanya berada diurutan ketiga. Alokasi tahun 2011 hanya dipatok sebesar Rp121,88 triliun.

Anggaran sebesar Rp121,88 triliun itu nantinya akan dipakai untuk menjamin ketersediaan infrastruktur dasar berupa jalan, jembatan, waduk, pelabuhan juga pembangkit listrik. Perbaikan fisik ini dinyatakan untuk mendukung pencapaian target pertumbuhan ekonomi seperti yang diharapkan pemerintah sebesar 6,4 persen pada 2011. Melalui dana itu, pemerintah berharap perbaikan kesejahteraan rakyat melalui infrastruktur bisa terwujud.

Alokasi belanja modal juga direncanakan untuk menjamin adanya kelancaran distribusi barang, jasa dan informasi untuk meningkatkan daya saing produk nasional. Bisnis online rahasia dahsyat hidup sukses dan uang melimpah bakal terjadi di tahun 2011. Caranya yakni dengan mengatasi debottlenecking maupun backlog pembangunan infrastruktur dan peningkatan koneksi domestik.

Dengan belanja modal hanya Rp121,88 triliun, pemerintah ingin meningkatkan kemampuan pertahanan menuju minimum essential forces. Penganggaran lain yakni dipakai untuk prioritas pendanaan kegiatan yang sifatnya multiyears guna mendukung kesinambungan pembangunan.

Pemerintah juga berupaya menggunakan belanja modal untuk pengembangan infrastruktur dalam rangka rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana alam termasuk sumbar, serta peningkatan kapasitas mitigasi dan adaptasi terhadap dmapak negatif akibat perubahan iklim.

Sumber

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Rp 180 Triliun untuk Gaji dan Remunerasi 2011

  1. How could I’ve missed this blog! Its extraordinary. Your style is perfect, like you know exactly what to do to do make individuals flock to your page! I also like the perspective you brought to this subject. Its like you have an insight that most individuals havent seen before. So great to study a weblog like this.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s