Opsi Usia Pensiun PNS

usia pensiun pnsKini opsi usia pensiun PNS makin beragam. Beberapa pihak gencar mengusulkan usia PNS diperpanjang menjadi 58 tahun. Namun di saat desakan memperpanjang batas usia pensiun PNS menjadi 58 tahun terus bergulir, mantan Ketua MK dan anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Jimly Asshiddiqie, justru menilai umur pensiun PNS harus lebih pendek dari yang berlaku saat ini yaitu menjadi 50 tahun.

PNS sebaiknya cepat pensiun supaya ketika usai bekerja jadi PNS masih produktif. Bahkan usulan tersebut juga mendapat dukungan dari Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi E.E. Mangindaan. Menurut Mangindaan, usulan tersebut bisa lebih mengefisienkan penggunaan anggaran negara untuk belanja gaji pegawai. Apalagi saat ini lebih dari empat juta jumlah PNS telah menyerap anggaran sekitar 38 persen dari total APBN.

Selain itu mempercepat masa kerja PNS akan selalu me-refresh kinerja. Ini sekaligus memberi kesempatan kepada generasi muda untuk menjadi PNS, sehingga para pegawai masih muda-muda. Selain itu dengan memudakan masa pensiun, membuat para pensiunan PNS bisa lebih produktif dengan menjalankan bisnis dan membuka lapangan kerja atau bagi yang tidak bisa bisnis dapat berkiprah di bidang sosial kemasyarakatan dan keagamaan.

Mangindaan berharap, rencana DPR mengubah Undang-undang Nomor 43 Tahun 1999 tentang Pokok-pokok Kepegawaian dengan RUU Aparat Sipil Negara, bisa mengubah kondisi yang ada. Aturan lain yang akan diubah untuk memperbaiki sistem pensiun PNS adalah merevisi Undang-undang Nomor 11 Tahun 1969 tentang Pensiun Pegawai dan Pensiun Janda atau Duda Pegawai.

Perubahan yang diharapkan Kemen PAN dan RB tadi adalah seluruh PNS menyisihkan 4,75 persen gajinya untuk iuran pensiun. Besaran persentase tersebut, meskipun belum bisa sepenuhnya menutupi pembayaran uang pensiun, tetapi minimal bisa mengurangi beban APBN.

Sehubungan dengan wacana tersebut , kami memberikan sedikit usul tentang revisi UU No 11 Tahun 1969 tentang Pensiun Pegawai dan Pensiun Janda/Duda Pegawai pasal 9 hak atas pensiun pegawai. Ayat (1) yang berbunyi: Pegawai yang diberhentikan dengan hormat sebagai pegawai negeri berhak menerima pensiun pegawai, jikalau ia pada saat pemberhentiannya sebagai pegawai negeri:

Telah mencapai usia sekurang-kurangnya 50 (lima puluh) tahun dan mempunyai masa kerja untuk pensiun sekurang-kurangnya 20 (dua puluh) tahun. Mohon kata-kata ”dan” diubah menjadi ”atau” sehingga menjadi: Telah mencapai usia sekurang-kurangnya 50 (lima puluh) tahun atau mempunyai masa kerja untuk pensiun sekurang-kurangnya 20 (dua puluh) tahun.

Dengan begitu PNS yang sudah memiliki masa kerja 20 tahun, meskipun belum berusia 50 tahun mempunyai hak untuk mengajukan pensiun dini. Sebagai contoh si A diangkat menjadi PNS pada usia 20 tahun pada April tahun 1991, maka pada saat masa kerjanya menjadi PNS telah mencapai 20 tahun yaitu pada April 2011 dia berhak untuk mengajukan permohonan berhenti menjadi PNS dengan hormat dan mendapat hak pensiun meskipun usianya baru 40 tahun.

Bila aturan ini disetujui tentulah akan membuat kinerja PNS makin bagus, karena selalu direfresh dengan tenaga muda. Sudah selayaknya mereka yang punya masa kerja 20 tahun lebih berhak mengajukan pensiun, untuk menghindari kejenuhan dan sekaligus menghindari kemungkinan mereka melakukan kolusi mengingat dengan masa kerja 20 tahun lebih tentunya telah memiliki jaringan dan relasi yang berhubungan erat dengan pekerjaan, dan itu sangat riskan untuk menimbulkan KKN

source

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

4 Responses to Opsi Usia Pensiun PNS

  1. frans says:

    Dengan adanya pembatasan umur pensiun PNS yaitu usia 50 Tahun memang akan mempunyai dampak yang beragam..tapi semestinya Pemerintahlebih mengedepankan Kesejahteraan PNS saat ini..pada umumnya usia PNS 40-50 Tahun merupakan Usia kematangan bagi PNS..dilihat dari segi Kemakmuran biasanya PNS baru bisa membeli Rumah entah cash ataupun kredit pada usia tersebut..bilamana pemerintah memberikan pendapatan yang lebih layak mungkin saja PNS akan lebih suka pensiun dini dan dapat berwiraswasta pada usia tersebut..tapi bisa lebih buruk lagi dampaknya bila pendapatannya masih saja jauh dari harapan.

  2. sunantho says:

    sedangkan militer dan polisi saja usia pensiun sudah ditambah 5 tahun padahal mereka yg di butuhkan adalah fisik kenapa PNS malah usia pensiun mau di perpendek menjadi 50 tahun kalau alasannya menekan KKN dan agar tenaga fresh itu tdk tepat justru KKN itu milik Pejabat Negara dan Pejabat eselon 1,2 bukan pegawai bawahan. Jadi pendapat saya usia pensiun yg ada sekarang sudah ideal yg pokok dlm permasalahan KKN itu adalah masalah Ahklak dan Ekonomi manusianya sendiri,solusinya adalah bagaimana cara rekrutment pegawai melalui KKN atau tidak. Saran saya ikutilah Rekrutment Kementrian Keuangan

  3. omar bakri says:

    Selayaknya bagi Pns yang telah pensiun tidak dibebani lagi dengan pekerjaan. Biarkan mereka menikmati masa pensiun dan jangan ada lagi setelah keluar dari pns menjadi SATPAM atau ngurusin PARPOL ataupun pekerjaan-pekerjaan yang seharusnya bisa diurus sama yang muda-muda.Bukankah hampir dari separuh hidupnya telah diabdikan untuk negara.Jadi jauhkan pikiran kalau mereka adalah pembobol anggaran negara atau seolah-olah mereka membebani APBN.Yang harus dipikirkan pengoptimalan pengabdian terhadap negeri ini yang tentunya diselaraskan dengan kesejahteraan. Sejak sebelum tahun 2000 janji untuk meningkatan pendapatan pns sudah mulai bergulir, kenyataannya sampai MPP masih terus berhembus.sampai kapan ?

  4. ndha says:

    Aq sngt stuju dgn koment2 d atas. Dan sgt tdk stuju bila PNS d pnsiunkn dini. Smua org tahu, bhw gaji PNS itu pas2an. Kdg utk mnyekolahkn anakny k prguruan tnggi pun hrs mnjm k bank dulu.
    Pemerintah cuma mncr2 alasn saja. Yg sng y ttp saja pejabat2 yg duduk d pmrintahan..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s