Gaji Pejabat dan PNS di Singapura

Gaji Pejabat dan PNS di SingapuraPerdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong ketika dilantik bersama kabinetnya beberapa waktu lalu (21/5) berjanji akan memotong gaji para pejabatnya sebagai jawaban atas berbagai kritik masyarakat Singapura yang menyoroti gaji menteri dan perdana menteri yang dinilai terlalu tinggi.

Gaji seorang Perdana Menteri di Singapura mancapai 3,04 juta dolar Singapura (sekitar Rp 20,9 miliar), tertinggi di dunia. Skema gaji para menteri setahun berkisar 1,75 juta dollar Singapura (Rp 12 M).

Sementara seorang menteri yunior mendapat gaji 1 juta dollar Singapura (Rp 6,8 miliar) per tahun. Gaji PNS Singapura yang baru masuk terendah mencapai $ingapore 2.350 atau sekitar Rp 16,4 Juta (lihat tabel dibawah):

Gaji PNS Singapore

Sumber

Gaji pejabat dan PNS di Singapura tidak terlepas dari  kebijakan pemerintahnya yang menetapkan gaji pejabat di Singapura diukur 2/3 dari gaji tetinggi di enam sektor swasta yaitu akuntansi, perbankan, konstruksi, hukum, perusahaan manufaktur dan perusahaan multinasional.

Tiap akhir tahun PNS di Singapura menerima gaji ke-13 PNS, selain itu ada tambahan “bonus pertumbuhan” setiap tahunnya. Bonus ini diberikan jika pertumbuhan ekonomi dinilai baik. Sebagai gambaran tahun 2010 bonus yang diterima sebesar 0.5 kali gaji + 300 dollar Singapura.

Gaji setinggi itu merupakan bagian dari reformasi birokrasi di Singapura yang telah berlangsung lama, sejak tahun 1980-an. Dan mereka mempunyai konsep desain yang jelas, berkelanjutan dan konsisten. Gambaran reformasi birokrasi di Singapura :

Early 1980’s Penganggaran berbasis kinerja diperkenalkan
Mid 1980’s Management Accounting dan Penetapan biaya berbasis aktivitas (activity-based costing) dalam kegiatan pemerintah diterapkan
Late 1980’s KPI (Key Performance Indikator) sudah dipakai dan dijabarkan dengan jelas sebagi pedoman kualitatif maupun kuantitatif.
Early to mid 1990’s Gaji PNS diukur/berpedoman pada gaji tertinggi sektor swasta
1990’s Sistem korporasi mulai dijalankan dalam pemerintahan
Mid 1990’s PS 21 (Public service for the 21th Century) digulirkan

Hasilnya, sampai sekarang PNS Singapura dikenal sebagai salah satu birokrasi paling efisien dan paling sedikit tingkat korupsinya di dunia.

source

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s